Jumat, 15 Oktober 2010

PENGANTAR BISNIS MANAJEMEN UMUM

PENDAHULUAN


Kata Manajemen berasal dari bahasa francis kuno menagement,yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.

definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian,pengkoordinasian,dan pengkontrol sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efisien.

dalam menulis artikel ini saya banyak sekali menemukan  hambatan karena mendengar opini masyarakat tentang pandangan manajemen umum ini sangat banyak. kata - kata manajemen umum menjadi khusus bagi masyarakat asing yang mendengarnya atau masyarakat awam.

semoga artikel ini bermanfaat bagi pembacanya

ISI

SEJARAH PERKEMBANGAN ILMU MANAJEMEN

Banyak kesulitan yang terjadi dalam melacak sejarah manajemen. namun diketahui bahwa ilmu manajemen telah ada sejak ribuan tahun yang lalu.hal ini di buktikan dengan adanya piramid di Mesir. piramid tersebut dibangun oleh lebih dari 100.000 orang selama 20 tahun. piramid Giza tidak akan berhasil dibangun jika tidak ada seseorang tanpa memperdulikan apa sebutan untuk manajer ketika itu yang merencanakan apa yang harus dilakukan, mengorganisir manusia dan bahan bakunya, memimpin dan mengarahkan para pekerja, dan menegakkan pengendalian tertentu guna menjamin bahwa segala sesuatunya dikerjakan sesuai rencana.
 Daniel Wrwn membagi evolusi pemikiran manajemen dalam 4 fase, yaitu pemikiran awal, era manajemen sains, era manusia sosial, dan era modern.

TEORI MANAJEMEN

MANAJEMEN ILMIAH

Manajemen kemudian dikembangkan lebih jauh oleh pasangan suami istri Frank dan Lilian Gilberth. keluarga Gilberth berhasil menciptakan micromotion yang dapat mencatat setiap gerakan yang dilakukan oleh pekerja dan lamanya waktu yang dihabiskan untuk melakukan setiap gerkan tersebut. gerakan yang sia-sia yang luput dari pengamatan mata telanjang dapat diidentifikasikan dengan alat ini, kemudian dihilangankan.

Pendekatan Kuantitatif

pendekatan kuantittif adalah penggunaan sejumlah teknik kuantitatif seperti statistik, model optimasi, model informasi atau simulasi komputer untuk membantu manajemen dalam mengambil keputusan. sebagai contoh, pemograman linear digunakan para manajemen untuk membantu mengambil kebijkan pengalokasian sumber daya ; analisis jalur kritis (crytical path analysis) dapat digunakan untuk membuat penjadwalan kerja yang lebih efisien; model kuantitas pesana ekonomi (economi order quatity model) membantu manajer menentukan tingkat persediaan optimum dan lain-lain

pengembangan kuantitatif muncul dari solusi matematika dan statistik terhadap militer selama Perang Dunia II. setelah perang berakhir, teknik-teknik matematika dan statistik yang digunakan persoalan-persoalan militer untuk diterapkan disektor bisnis. pelopornya adalah sekelompok militer yang dijuluki "WHIZ". kids para perwira yang bergabung dengan Ford Motor Company pada pertengahan 1940-an ini menggunakan metode statistik dan model kuantitatif untuk memperbaiki pengambilan keputusan di Ford.

FUNGSI MANAJEMEN
fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan di jadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan.fungsi manajen pertama kali di perkenalkan oleh seorang indrustialis Francis yang bernama Henry Fayol pada awal abad ke-20. ketika itu ia menyebutkan lima fungsi manajemen yaitu merancang, mengorganisir, memerintah, mengordinasi, dan mengendalikan. namun saat ini kelima fungsi tersebut di ringkas menjadi tiga, yaitu :
1. perencanaan/planning adalah memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki.
2. pengorganisasian / organizing dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil.
3. pengarahan / directing adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha.

PRINSIP MANAJEMEN

prinsip-prinsip dalam  manajemen bersifat lentur, dalam arti perlu dipertimbangkan sesuai dengan kondisi-kondisi khusus dan situasi-situasi yang berubah. Menurut Henry Fayol seorang pencetus teori manajemen yang berasal dari Francis, prinsip-prinsip umum manajemen ini terdiri :
1. pembagian kerja (division of work)
2. wewenang dan tanggung jawab (authority and responsibility)
3. disiplin (disipline)
4. kesatuan perintah (unity of command)
5. kesatuan pengarahan (unity of direction)
6. mengutamakan kepentingan organisasi di atas kepentingan sendiri
7. pengajian pegawai
8. pemusatan (centralization)
9. hirarki (tingkatan)
10. ketertiban (order)
11. keadilan dan kejujuran
12. stabilisas kondisi karyawan
13. prakarsa (inisiative)
14. semangat kesatuan, semangat korps

PENUTUP

demikian artikel tentang manajemen umum yang dapat saya bahas. semoga dapat bermanfaat bagi pembacanya. kurang dan lebih saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. terima kasih atas perhatiannya.

SUMBER

http://id.wikipedia.org/wiki/manajemen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar